Translate

Sabtu, 05 Juni 2010

Tiga Kebiasaan Pertajam Daya Ingat

Pernahkah kalian lupa atau kehilangan kata-kata yang ingin diucapkan di tengah kalimat secara tiba-tiba, atau kerap lupa pada tanggal lahir seseorang atau tugas sederhana? Atau resep-resep yang telah kalian catat, tetapi lupa meletakkannya dimana?
Jika kalian pernah mengalaminya, ini adalah hal wajar. Kebiasaan lupa yang dialami seseorang dinilai normal, karena bisa disebabkan kelelahan, kegelisahan dan stres.

Jika seseorang kerap lupa terhadap hal-hal kecil, sebuah penelitian menemukan beberapa strategi sederhana untuk meningkatkan kemampuan otak dan memori Anda, seperti dikutip dari Aolhealth.com, yaitu:
1. Hirup Aroma Rumput
Setelah bertahun-tahun melakukan penelitian, ilmuwan saraf di University of Queensland, Brisbane, menemukan, bau rumput segar memicu dua bagian otak, amigdala (yang berkaitan dengan emosi) dan hippocampus (yang berhubungan dengan memori). Hasilnya, menghirup bau aroma luar ruangan ini dapat membantu menghilangkan stres dan meningkatkan memori.
Tetapi, para ilmuwan Australia tidak sepenuhnya terkejut bahwa reaksi ini terjadi secara bersamaan, karena stres kronis secara langsung berhubungan dengan kelupaan. Jika sulit mencari lokasi yang ditumbuhi banyak rerumputan, Anda bisa menggunakan lilin wangi atau minyak wangi yang baunya seperti rumput segar. Ini bisa jadi alternatif yang baik.

2. Kunyah Permen karet
Penelitian yang dilakukan Pusat Penelitian Gizi Anak di Baylor College of Medicine di Houston, AS menunjukkan, permen karet dapat meningkatkan kewaspadaan. Remaja yang mengunyah permen karet 14 minggu selama di dalam kelas saat pelajaran matematika, dan saat mengerjakan PR matematika diketahui memiliki skor lebih tinggi dibandingkan dengan remaja yang tidak mengunyah permen karet. Wah...
Sebuah studi serupa yang dilakukan beberapa tahun lalu di University of Northumbria di Newscastle, Inggris, menemukan, orang mengunyah permen karet selama tes meningkatkan memori jangka panjang dan jangka pendek, dan lebih baik daripada mereka yang tidak mengunyah permen karet.
Meskipun belum diketahui secara pasti hubungan antara permen karet dengan kekuatan memori, namun para peneliti Jepang percaya bahwa peningkatan memori ini dipengaruhi oleh peningkatan denyut jantung (berkat karet) yang mengarah ke ekstra oksigen yang dikirim ke otak.
Saran: mungkin kalian bisa menyiapkan sekotak permen karet ketika bepergian atau teman menunggu sambil membaca buku.

3. Memangkas asupan kalori
Menurut penelitian di Jerman yang diterbitkan dalam jurnal 'Proceeding of National Academy of Sciences', wanita sehat antara usia 50 dan 80 tahun yang mengurangi asupan kalori mereka sebanyak 30 persen selama tiga bulan menunjukkan peningkatan 20 persen pada tes memori verbal.
"Menurut para peneliti, para wanita yang memotong kalori menjadi lebih sensitif terhadap insulin gula darah hormon yang mengatur dan memiliki penurunan kadar protein C-reaktif - dan keduanya telah dikaitkan dengan peningkatan fungsi otak," kata ahli gizi Cynthia Sass, yang juga penulis 'Log Ultimate Diet'. Untuk mengurangi kalori tanpa merasa tidak makan, Sass menyarankan pemotongan porsi daging sapi menjadi setengah porsi dan menggantikan daging dengan jamur cincang. Atau, mengurangi porsi nasi dan pasta dengan buah berkalori rendah.



Enter your email address here, if you like Galeri Kuliner's articles. It will be send to your email for FREE!

Read Also:



Komentar :

ada 2 komentar ke “Tiga Kebiasaan Pertajam Daya Ingat”
wariga bali mengatakan...
pada hari 

nice info... tapi saya bingung dengan yang pertama di atas..

menghirup bau rumput???
rumput apa to??? rumput ilalang?? rumput gajah?? rumput teki?? rumput jepang?? rumput apa???
ga jelas...

Galeri Kuliner mengatakan...
pada hari 

bukan jenis rumputnya yang nentuin bli..
tapi seberapa luas itu rumputnya. hahahahah,,
jadi disini dimaksud: semakin luas padang rumput, semakin banyak kita bisa menghirup udara segar.
arti harfiah menghirup bau rumput sih secara ga langsung bisa dipelesetin ke menghirup udara segar.
gitu looo..

thx sudah berkomen.
blog barunya bagus,, sy suka artikel spiritualnya :)

Posting Komentar

Please leave a comment here, but do not use "Anonim" as your user.
Thank you for visiting !

Galeri Kuliner's Owner

Foto saya
orang yang cinta dunia tulis menulis selain memasak :)

Ads Here

::Email or Google+::
nigaluhginanti@gmail.com

Found Me Here

:: Twitter ::
:: Facebook Page ::
Galeri Kuliner

Followers


Friends
Visitors
Site Info
Download
Info

Speak Up

 
This Blog is proudly powered by Blogger.com | Template by Angga Leo Putra