Translate

Rabu, 16 Juni 2010

Pie Susu

Pamer bentar ya, cooking lovers. Malam ini, saya sudah menghabiskan enam biji pie susu. Hehe.. :p
Pie ini, beda sama pie-pie lainnya. Ini biasanya gampang kita temukan di toko oleh-oleh khas Bali. Jadi, saya bisa beli dimana aja sesukanya.

Setelah saya coba, ternyata waktu buatnya juga nggak lama. Kalau ada pie susu, serasa selalu ada di Bali. :)

Bahan kulit:
* 100 gram tepung terigu
* 75 gram margarin
* sejumput garam
* 1 sdt gula halus.
Bahan isi:
* 1 kaleng susu kental manis
* 500 ml air matang
* 5 butir telur ayam ukuran kecil.

Cara membuat:
> Buat kulit pie dengan cara mencampur seluruh bahan hingga rata. Usahakan mengaduk dengan ujung jari. Cukup tekan-tekan dan ratakan. Kalau terlalu banyak diaduk, adonan kulit bisa keras.
> Atur adonan kulit pada loyang bongkar pasang. Tempelkan adonan kulit di seluruh dasar loyang dan juga seluruh sisi loyang setinggi kira-kira 5cm.
> Kocok lepas 5 butir telur (kocok sampai rata, beri susu kental manis, aduk kembali. Beri air dan aduk hingga rata.
> Tuang adonan isi ke dalam loyang yang sudah di isi adonan kulit. Panggang selama 1 jam dengan suhu 190°C.

Voilaa... jadi deh pie susu yang bikin ketagihan :)
Selamat mencoba..



note :
--Bila suka, atasnya bisa di tambah taburan kismis, setelah pie di panggang setengah matang. Karena kalau masih belum matang, kismisnya akan tenggelam.
--Pembuatan pie ini memang menggunakan loyang bongkar pasang yang bisa di copot pinggirnya, karena kalau nggak pakai loyang yang ini, susah untuk mengeluarkan pie-nya. Tekstur pie yang sangat lembut membuat pie ini terlalu ringkih saat di keluarkan, kalau menggunakan loyang biasa.



Enter your email address here, if you like Galeri Kuliner's articles. It will be send to your email for FREE!

Read Also:



Komentar :

ada 3 komentar ke “Pie Susu”
Risma Hutabarat mengatakan...
pada hari 

Susu dan kismis memang perpaduan yang paling tepat untuk rasa dan aroma. Resep yang ringkas dan cepat dibuat seperti ini pasti akan selalu ada peminatnya :)
Selamat masak ya...

Female Stuffs
Mommy Mayonnaise
Perempuan Rumahan
Cerita Film

mbah priuk mengatakan...
pada hari 

terus terang saya enggak suka masak.. tapi saya suka makan masakan!! ha ha hah a

Galeri Kuliner mengatakan...
pada hari 

@ mbak risma: thanks.. sukses selalu :)
@ mbah priuk: yah.. mau enaknya doang ya.. hahahahaha...

makasi banyak sudah numpang komen..

Posting Komentar

Please leave a comment here, but do not use "Anonim" as your user.
Thank you for visiting !

Galeri Kuliner's Owner

Foto saya
orang yang cinta dunia tulis menulis selain memasak :)

Ads Here

::Email or Google+::
nigaluhginanti@gmail.com

Found Me Here

:: Twitter ::
:: Facebook Page ::
Galeri Kuliner

Followers


Friends
Visitors
Site Info
Download
Info

Speak Up

 
This Blog is proudly powered by Blogger.com | Template by Angga Leo Putra